Senin, 23 Agustus 2010

BAB V


EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA



Evaluasi pelaksanaan kuliah kerja nyata adalah merupakan ukuran standar untuk mengetahui sejauh mana program KKN terlaksana. Program kerja yang telah dilaksanakan di Desa Mojogede kecamatan balongpanggang kabupaten Gresik dari 95% telah terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan dari adanya beberapa factor yang mendukung. Walaupun demikian, kami menganggap bahwa pelaksanaan dari pada kuliah kerja nyata ini masih terdapat kekurangan-kekurangan/hambatan-hambatan yang harus perlu untuk mendapatkan perhatian khusus dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat beserta seluruh dewan pembimbing sebagai jalan alternative dari hambatan-hambatan yang ada.

Berikut adalah beberapa factor pendukung dan factor penghambat dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata.

5.1. FAKTOR PENDUKUNG

a. Adanya perhatian dan partisipasi dari masyarakat setempat khususnya kepala desa beserta seluruh perangkatnya, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam memberikan bantuan baik berupa spirituil maupun materiel yang bersifat konstruktif.

b. Adanya kepercayaan dari seluruh warga dan instansi atau lembaga yang terkait yang mendukung dan membantu atas terlaksananya program kerja KKN di segala bidang.

c. Adanya sarana dan prasarana yang memadai yang sehingga mempermudah dalam menjalankan program kerja KKN dan tercapainya dari tujuan KKN itu sendiri.

d. Siap sedianya remas dan karangtaruna dalam membantu terlaksananya program kerja KKN.

e. Adanya kesempatan yang diberikan oleh masyarakat dalam bidang keagamaan, pendidikan maupun dalam bidang social lingkungan kemasyarakatan.

f. Aktifnya generasi muda dalam mengikuti program yang telah tersusun dalam program KKN.

g. Adanya bimbingan dari seluruh perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dewan guru dan dewan pembimbing lapangan.

h. Adanya alat komunikasi dan transportasi aktif sehingga mempermudah dalam komunikasi dan konsultasi dengan dewan pembimbing terkait

i. Adanya lingkungan yang ramah yang sesuai dengan sasaran program kerja KKN.

j. Adanya keaktifan dari seluruh peserta KKN yang merupakan pelaksana dari pada program kerja.



5.2. FAKTOR PENGHAMBAT

a. Adanya banyak kegiatan yang terjadi saling bersamaan baik yang bersifat keagamaan maupun kependidikan.

b. Kurangnya koordinasi dari pada panitia luar ketika ada dalam kegiatan.

c. Adanya kegiatan kemasyarakatan yang sifatnya tidak sistematis sehingga mempersulit dalam pelaksanaan program kerja.









5.3. KESAN DAN PESAN MASYARAKAT

5.3.1. KESAN MASYARAKAT

Masyarakat desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang sangat berterima kasih atas adanya Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh pihak Institut Keislaman Abdullah Faqih yang pertama kalinya ditempatkan di Desa Mojogede dan bisa memberikan warna di desa kami dalam beberapa hal;

a. Memberikan motivasi belajar pada anak-anak

b. Memberikan pemahaman tentang agama pada masyarakat yang awam ini.

c. Dapat membantu mengorganisir tata administrasi perpustakaan di Lembaga yang terkait.

d. Dll (terlampir).



5.3.2. PESAN MASYARAKAT

Masyarakat desa Mojogede berpesan kepada kami semoga kita menjadi pemuda yang berkompeten dan berintelektual tinggi yang islami untuk menghadapai zaman yang serba modern ini. Karena itu semua tertuliskan dalam maqolah شبان اليوم رجال الغد " ".

Dan yang paling penting masyarakat desa Mojogede berharap kepada kami agar tidak memutus silatur rohim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar